Font Size : SEO On Page Yang Terlupakan

Font Size : SEO On Page Yang Terlupakan - Aneh. Ya, satu kata memang sob, yaitu aneh. Setelah saya baca-baca postingan saya ini memang terasa aneh. Apa ada hubungannya antara font size (ukuran huruf) dengan belajar seo khususnya seo on page?

Apa sobat setuju semakin besar ukuran huruf atau font size nya maka semakin mudah dimengerti oleh crawler google? Pertanyaan itulah yang sering menjadi tanda tanya ketika saya baru mengenal seo, sampai sekrang pun juga baru kenal sih ^_^ maklum lah, cuma newbie saya sob (kalo ada master seo yang kebetulan membaca wajib membetulkan).
Font Size SEO On Page

Font Size (Ukuran Huruf) Dan SEO On Page : Background


Sebelum membahas seo on page dengan font size, saya ingin curhat sedikit neh sob. Template yang saya gunakan ini adalah template buatannya blogjuragan, kata juragan ini adalah konversi dari salah satu theme wordpress yang paling seo freindly, yaitu thesis theme sehingga juragan pun memberi nama template ini thesis (seperti nama theme versi wordpress).

Kata Matt Cutts, salah seorang tukang ojek di rumah saya staff google, theme thesis versi wordpress disebut-sebut sebagai seo killer, hal ini dikarenakan saking optimalnya seo on page yang ada di theme tersebut. Keren kan? Keren lah :D pokoknya harus keren biar sama seperti saya :P

Sama dengan template yang saya gunakan ini, desain theme tersebut juga minimalis, hanya dua kolom, untuk melihat bentuk aslinya yang versi wordpress langsung saja ke hxxp://thesisdemo.com. Warnanya putih, ringan pula. Sudah banyak yang menggunakan thesis theme ini dan sudah cukup terbukti akan kehandalannya dalam urusan seo on page.

Optimasi SEO On Page Dengan Font Size


Wah kok malah ngebahas template dan theme? Hehehe itu background yang melatar belakangi tulisan ini sob. Iseng-iseng saya pun melihat-lihat web resminya yaitu DIYtheme (bukan daerah istimewa yogyakarta) alamatnya di hxxp://diythemes.com/ di sana saya pun melihat-lihat contoh blog yang sudah menggunakan theme tersebut, dan ada satu hal yang menarik dari blog-blog yang menggunakan theme tersebut, apa itu? Ternyata mereka memberikan backlink ke blog saya, ya bukanlah!!! Yang menarik dari blog-blog tersebut adalah penggunaan font atau hurufnya.

Sedikit berbeda sih sebenernya dengan template buatan juragan di mana juragan hanya menggunakan ukuran huruf yang sama antara isi artikel dan sidebar serta footer. Jika melihat contoh-contoh blog yang menggunakan thesis theme pasti sobat bisa melihat bagaimana ukuran huruf (font size) yang digunakan untuk artikel atau posting lebih besar daripada font size di sidebar atau pun footer.

Sudah banyak perdebatan tentang apakah huruf juga dipertimbangkan oleh robot google. Menurut saya sih iya, font size tetap menjadi pertimbangan apakah teks tersebut penting atau tidak, bukan jenis huruf atau pun warna huruf.

Jika melihat salah satu prinsip seo on page yaitu mengoptimalkan tag heading H1, H2, dan H3 maka bisa jadi font size memang benar dipertimbangkan oleh google. Secara default, H1 memiliki ukuran (size) yang paling besar, diikuti oleh H2, H3, dst. Di template ini pun akhirnya saya oprek-oprek lagi sehingga jika sobat perhatikan, huruf yang ada di artikel dan di sidebar berbeda kan? Juga di footer dan kotak komentar.

Sekilas memang mirip font-nya tapi berbeda lho sob. Robot google bukanlah manusia, dia tidak bisa membedakan berapa tinggi huruf yang digunakan, dia hanya berpatokan sama font, misalnya ada font baru bernama Gedek dan untuk ukuran 100px dia sama dengan Arial 12px maka tetep ajah font Gedek dianggap lebih penting. Untuk bagaimana memodifikasi font ataupun font size coba sobat cari sendiri di google, banyak kok :)

Setidaknya saya sudah merasakan efek dari font size ini dalam urusan seo on page, hampir 3 bulan saya tidak update dan ternyata alexa rank blog ini semakin ramping, pengunjung pun juga tetap, bahkan cenderung meningkat. Hal ini karena beberapa keyword yang berada di page one lumayan mampu bertahan sih.

Itulah ulasan tentang

font size untuk seo on page

, sama seperti teknik seo link baiting, mungkin banyak juga sih yang tidak setuju tentang font zise ini. Tetapi setuju atau tidak setuju yang penting happy blogging :)

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)