Cara Mudah Menghilangkan Komedo :: Efektif, Aman, Dan Alami

Cara Mudah Menghilangkan Komedo :: Efektif, Aman, Dan Alami - Cara menghilangkan komedo bisa dibilang hampir selalu dicari oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Sebelum membahas tentang cara menghilangkan komedo, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu komedo.

Komedo adalah penyumbatan kelenjar minyak pada kulit akibat penumpukkan sel kulit mati dan sebum. Komedo bisa dipicu karena hobi mengonsumsi makanan tidak sehat, malas membersihkan wajah, kurang istirahat, dan stress.

Hampir setiap orang, khususnya wanita, telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan komedo. Umumnya mereka mengeluhkan komedo sebagai masalah kulit wajah yang bandel. Terkadang hilang, tapi lalu muncul lagi.

Komedo umumnya muncul di permukaan hidung dan dagu. Berwarna putih kekuningan sampai kemerahan dan menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Seperti halnya menghilangkan bekas jerawat, dalam menghilangkan komedo kita tidak bisa hanya bergantung pada satu cara. Ada beberapa cara menghilangkan komedo yang bisa kita coba sampai masalah kulit tersebut benar-benar lenyap.

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo Secara Efektif


Berikut

beberapa cara menghilangkan komedo

yang dikatakan paling efektif. Cara yang pertama adalah dengan melakukan penguapan wajah seminggu sekali. Sediakan mangkuk berisi air panas lalu biarkan uap dari air tersebut menyentuh kulit wajah Anda.

Cara ini akan membuka pori-pori wajah Anda yang tersumbat. Kemudian, gunakan scrub dari campuran madu dan gula untuk menggosok bagian wajah yang berkomedo hingga bersih. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah Anda dengan handuk lembut.

Selanjutnya, alternatif cara menghilangkan komedo yang kedua, yaitu dengan memakai masker. Pilihlah masker yang berbahan alami dari buah-buahan seperti mentimun dan jeruk nipis. Hindari masker mengandung mint, peppermint atau bahan pemicu iritasi lain karena bisa menyebabkan komedo menjadi semakin parah. Masker dari bahan alami bisa menghaluskan permukaan kulit yang menjadi kasar akibat komedo, dan juga menghilangkan noda hitam akibat komedo tersebut dan jerawat.

Cobalah membuat masker dari campuran jeruk nipis, minyak almond dan gliserin. Lalu oleskan pada wajah. Cara menghilangkan komedo yang satu ini alami dan pastinya efektif.

Perhatikan Keamanan Kulit Ketika Menghilangkan Komedo


Selain efektifitas, keamanan juga wajib diperhitungkan dalam memilih cara menghilangkan komedo. Terutama jika kulit wajah Anda sangat sensitif. Cara aman melenyapkan komedo yang bisa Anda coba adalah dengan meluangkan waktu 15 menit saja untuk menempelkan kain hangat yang basah setiap malam.

Cara ini akan membantu membersihkan dan mengangkat kotoran, bekas make-up, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Setelah digunakan, rebus kain tersebut dalam air mendidih untuk menghilangkan kuman dan bakteri agar bisa dipakai lagi malam selanjutnya.

Untuk menjaga kelembaban kulit yang berkomedo, madu adalah pilihan yang tepat. Buatlah madu tersebut sedikit hangat kemudian dioleskan pada komedo di wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan.

Yang tidak kalah penting dari cara menghilangkan komedo, hindari memencet dan mengeluarkan komedo dengan tangan, terutama jika kuku Anda kotor. Ini bisa menyebabkan luka dan iritasi serta masuknya bakteri ke dalam kulit. Itulah langkah dan cara menghilangkan komedo yang efektif dan aman.

Silahkan Anda mencoba cara-cara menghilangkan komedo di atas, tentunya harus dilakukan dengan rutin untuk mencegah komedo datang lagi. Semoga bermanfaat.

Tags : , , , .