Cara Mudah Mencari Keyword Yang Banyak Dicari Pengunjung

Cara Mudah Mencari Keyword Yang Banyak Dicari Pengunjung - Kata kunci (keyword) merupakan elemen paling dasar dari perebutan untuk menduduki halaman pertama google. Dengan melakukan riset kata kunci (keyword research) yang tepat maka usaha kita untuk bisa masuk ke halaman pertama google semakin mudah (sok tau mode : on).

Pentingnya Keyword Research (Riset Kata Kunci)


Bukan hanya untuk keperluan online marketing saja, tetapi blogger yang ingin meningkatkan traffic pun juga tidak bisa lepas dari yang namanya keyword research (yah kecuali kalau sobat ngeblog tapi ga ingin dibaca orang lain :p).

Di postingan atau artikel sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang cara mencari keyword populer dan 3 prinsip mudah mencari keyword, nah sekarang adalah tentang bagaimana mencari keyword dari google search yang bisa mendatangkan traffic ke blog sobat.

Trik mencari keyword ini sudah saya lakukan dan Alhamdulillah bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke blog ini, yah lumayan lah kalau untuk saya yang masih newbie plus yang imut dan lucu ini hehehe....

Mencari Keyword Dengan Google Suggestion


Sebenarnya sudah banyak sih artikel yang membahas tentang cara mencari keyword (kata kunci) dan hampir semuanya menggunakan tools yang bisa membantu kita untuk mencari keyword seperti google adwords, yahoo answer, twitter, dan sebagainya.

Nah cara mencari keyword yang ingin saya tulis di sini akan dilakukan dengan memanfaatkan tempat orang mencari informasi di google, yaitu google search.

Cara Mencari Keyword Dengan Google Suggestion

Sobat pasti tahu kan dengan yang namanya google suggestion atau saran google? Coba perhatikan gambar di atas, itu yang dimaksud dengan saran dari si mbah google. Ketika mengetikkan kata "cara men" eh kita sudah ditawari beberapa kata kunci seperti "cara mengecilkan perut", "cara menghilangkan bekas jerawat", "cara menggunakan twitter", dan "cara menghilangkan komedo".

Nah itu dia yang akan membantu kita untuk mencari keyword sehingga akan membantu kita untuk meningkatkan traffic meskipun sobat tidak rutin mengupdate blog sobat. Jadi logikanya kita akan bertanya ke paman kita yaitu paman google tentang keyword (kata kunci) apa sih yang sering dicari oleh pengunjung.

Bisa saja sih kita memanfaatkan google adwords, tetapi sebenarnya itu adalah fitur untuk advertiser alias pemasang iklan, jadi menurut saya sih yang paling mudah dan terpertjaja  ya google search itu sendiri :D

Mencari Keyword Dengan Google Related Search


Masih di tekape yang sama, yaitu google search, kita juga bisa memanfaatkan fitur si mbah yang lain yaitu google related search. Jika dilihat dari namanya, maka fitur ini adalah fitur pencarian yang masih berhubungan dengan kata kunci yang sedang dicari oleh pengunjung.

Cara Mencari Keyword Dengan Google Related Search

Perhatikan gambar di atas, itulah yang dinamakan google related search. Pada gambar di atas ditunjukkan frase-frase yang berhubungan dengan "home theater". Kayaknya semakin hari bukannya semakin pikun si mbah kita ini, malah semakin pintar deh :D

Keuntungan Mencari Keyword Di Google Search


Jika kita lihat ulasan dan gambar di atas maka jelas sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan. Yang pertama, keyword atau kata kunci yang di sarankan adalah kata kunci yang benar-benar sering dicari oleh para pencari informasi sehingga berpotensi untuk mendatangkan traffic ke blog kita.

Keuntungan yang kedua yaitu dari sisi google related search, dengan adanya fitur ini kita bisa mengetahui frase apa saja yang bisa kita gunakan untuk meramu keyword density sehingga bisa mencuri perhatian si mbah dan akhirnya ditempatkan di page one.

Keuntungan atau kelebihan selanjutnya dari cara mudah mencari keyword ini adalah dari sisi long tail keyword (kata kunci yang mempunyai ekor, emang kucing?) maksudnya adalah dengan menggunakan long tail keyword akan mempermudah kita untuk fokus pada kata kunci yang berpotensi.

Keuntungan yang terakhir, dengan mencari keyword dari google search maka keyword yang kita dapatkan biasanya bersifat keyword abadi, bukan keyword musiman sehingga artikel atau posting sobat selalu dicari oleh orang setiap saat.

Keyword "menghilangkan bekas jerawat" dan "cara menghilangkan bekas jerawat" tentu saja berbeda dan jika sobat bisa memanfaatkannya bukan tidak mungkin artikel sobat akan berada di halaman pertama google untuk kedua keyword tersebut.

Oke deh, itu tadi pengalaman saya untuk mencari keyword yang berpotensi meningkatkan traffic blog ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Tags : , , , .

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)