Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression

Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression - Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog, mulai dari faktor internal (isi blog seperti penggunaan flash atau iframe), kode css yang kurang efesien, javascript yang terlalu banyak, hingga dari sisi server blog itu sendiri.

Bagi pengguna blogspot / blogger jelas tidak terpengaruh faktor loading blog dari server karena servernya memang di handle langsung oleh Google, lantas bagaimana dengan pengguna WordPress Self Hosting?

Well ada banyak cara mempercepat loading blog bagi wordpress self hosting, seperti merubah .htaccess, menggunakan cache, dengan metode Gzip compression, dll. Nah yang akan dibahas disini adalah mempercepat loading blog dengan metode Gzip compression.

Apa Itu Gzip Compression?


Gzip Compression adalah pengkrompesan file dari server yang akan dikirim ke browser, hasil compress tersebut tentu jauh lebih kecil ukurannya daripa file yang tidak dikompres, dan semakin kecil ukuran file maka semakin cepat bukan transfer file yang dilakukan?

Berikut ini ilustrasi bagaimana

Gzip Compression

bisa mempercepat loading blog sobat

Gzip Compression

Banyak Cara Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression


Jika sobat browsing tentang cara menggunakan gzip compression maka akan ada banyak tutorial tentang itu. Gzip Compression memang tergolong "ribet", apalagi bagi newbie seperti saya ini.

Kenapa "ribet"? Karena ini kan optimasi dari sisi server, so kita harus tahu jenis server apa yang kita gunakan, apakah apache atau nginx atau cloudfire?

Setiap server memiliki aturan tersendiri seperti ada yang melalui .htaccess, menggunakan mod_deflate atau mod_gzip. Belum lagi tutorial yang ada malah bikin kita bingung sebagai newbie abadi, manaa yang harus diikuti?

Permasalahan diatas masih ditambah lagi dengan bagaiman jika nanti kita pindah server atau hosting? Tentu saja pengaturan yang sudah kita set sebelumnya harus dirubah lagi.

Cara Paling Gampang Untuk Menggunakan Metode Gzip Compression Pada WordPress


Setelah browsing muter2 akhirnya nemu juga tutorial tentang mempercepat loading blog dengan gzip tapi simple dan mudah pwol.

Cara ini dengan memanfaatkan kode php, karena seperti kita tahu WordPress sendiri adalah cms yang menggunakan php dan mysql sehingga trik ini bisa dijalankan di blog wordpress.

Caranya cukup mudah sob, buka functions.php di editor theme sobat, kemudian letakkan kode berikut ini setelah tag pembuka php yaitu <?php nah berikut ini kode nya
ob_start("ob_gzhandler");

Selesai deh, dengan menggunakan kode diatas, maka seluruh halaman blog wordpress sobat sudah menggunakan Gzip Compression. Emang keren php itu :D

Oia jika mau mengetahui apakah sobat sudah

menggunakan Gzip Compression

atau tidak bisa di cek dengan SEOquake atau langsung ke sini : hxxp://www.gidnetwork.com/tools/gzip-test.php

1 comment | add comment

Muhammad Adam Hussein, S.Pd said...

sayangnya ini enggak bisa diaplikasikan di platform blogger ya, kalau bisa itu sangat bermanfaat banyak buat blogger Indonesia.

Makasih mas.

Mempercepat Loading Blog Dengan Gzip Compression

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)