Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Cara Menghitung Masa Subur Wanita - Tubuh wanita bekerja dalam siklus. Masa subur wanita adalah masa diantara siklus ini yang memungkinkan wanita mudah untuk mendapatkan kehamilan, dengan kata lain masa subur pada wanita adalah masa-masa ketika sel telur pada wanita sudah matang dan siap untuk dibuahi sehingga mempermudah kehamilan.

Cara

Bagi seorang wanita, mengetahui atau menghitung masa suburnya bisa menjadi sebuah keuntungan. Dengan menghitung masa suburnya maka seorang wanita akan sangat terbantu untuk memilih waktu yang tepat agar supaya mudah mendapatkan kehamilan atau menghindari kehamilan.

Secara umum, siklus pada wanita terjadi setiap 28 hari. Hari pertama dari siklus tersebut adalah hari pertama ketika menstruasi, sedangkan hari terakhir adalah 1 hari sebelum hari pertama menstruasi di periode berikutnya.

Cara menghitung masa subur wanita


Lantas kapan masa subur seorang wanita dimulai? Jawabannya mudah, masa subur wanita adalah dimulai dari setengah periode siklus sampai dimulainya periode berikutnya. Bingung? Sama donk hehehe... Oke begini saja, misal siklus seorang wanita adalah 28 hari, maka untuk menghitung masa subur wanita tersebut adalah dimulai dari hari ke-15 sampai ke-28.

Menghitung masa subur selain periode 28 hari


Jika satu periode siklus lebih dari 28 hari (misalnya 30 hari) maka masa suburnya adalah hari ke-16 sampai hari ke-30. Mengapa begitu? Alasannya juga sederhana, menstruasi pada umumnya adalah terjadi setelah 13-15 hari ovulasi.

Jika dalam jangka 13-15 hari setelah ovulasi tidak ada pembuahan maka jadilah tubuh wanita mengeluarkan sel telur yang sudah matang tersebut (menstruasi). Itulah mengapa masa subur wanita adalah 13-15 hari sebelum menstruasi di siklus berikutnya.

Menghitung masa subur untuk periode tidak teratur


Lalu bagaimana

cara menghitung masa subur

wanita yang mempunyai periode tidak teratur? Jika seorang wanita ingin mengetahui atau menghitung masa suburnya tetapi dia mengalami hal di atas maka disarankan untuk mengamati periode sikulusnya selama 3 bulan dan kemudian diambil rata-ratanya.

Bagaimana? Mudah kan cara menghitung masa subur wanita? Selamat berhitung dan semoga behasil. Baca juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)