Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog

Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog - Saya yakin, pasti sobat blogger pernah blogwalking ke beberapa blog dan ketika berada di blog tersebut ternyata kita disambut oleh musik atau lagu. Yup, kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara memasang lagu di blog, khususnya buat sobat yang newbie seperti saya ini :D 28 Dec 2013

Setelah melakukan pencarian di mbah google saya menemukan beberapa macam cara untuk memasang lagu di blog, mulai dari yang sederhana, sampai yang rada rumit. Jika sobat tertarik untuk memasang musik atau lagu di blog mungkin tips atau cara memasang lagu di blog ini bisa membantu sobat.

Sebelum memasang lagu di blog, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan situs yang menyediakan musik atau lagu yang akan kita gunakan untuk memasang lagu yang diinginkan. Ada beberapa situs penyedia lagu, diantaranya adalah musik-live.net, esnips.com, fullmusik.co.cc, , song2play.com, atau scmplayer.net.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing (sobat coba ajah sendiri ya) seperti ada yang menyediakan banyak lagu tapi kita tidak bisa mengupload lagu sendiri, ada juga yang lagunya sedikit tapi ada fitur untuk mengupload lagu sendiri, atau sobat ingin yang mempunyai tampilan skin menarik? Silahkan sobat coba sendiri hehehe...

Memasang Lagu Di Blog Dengan Flash (.swf)


Pertama saya akan menuliskan cara ini dulu, kenapa? karena menurut saya cara inilah yg paling ringan untuk memasang lagu di blog sehingga tidak begitu memberatkan blog sobat.

Caranya adalah dengan menggunakan lagu berformat .swf, sobat bisa mengupload sendiri atau supaya lebih mudah cari saja di http://divine-music.info karena disana sudah banyak musik berformat .swf yang bisa digunakan untuk memasang musik di blog. Jika sudah menemukan alamat lagunya langsung saja sobat taruh di widget HTML/Javascript, tulis seperti berikut
<EMBED SRC="http://divine-music.info/musicfiles/eminem-cleaningoutmycloset.swf" AUTOSTART="TRUE" LOOP="TRUE" WIDTH="0" HEIGHT="0" ALIGN="CENTER"></EMBED>
Yang berwarna merah adalah alamat atau url dimana lagu yang akan kita pasang tersebut diupload. Silahkan diganti jika sobat sudah menguploadnya sendiri di layanan-layanan penyimpanan seperti 4shared.

Memasang Lagu Di Blog (eSnips)


memasang lagu di blog
  1. Kunjungi situsnya, http://www.esnips.com/. Sign Up dulu untuk mendapatkan akses full.
  2. Klik Upload Files dan kemudian Select Files sesuai

    lagu yang ingin di pasang di blog

    .
  3. Pilih lagu yang akan dipasang di blog dan pilih folder untuk menyimpan lagu tersebut. Pastikan foldernya bersifat Public, karena kalau Private maka lagu tersebut tidak bisa ditambahkan ke playlist.
  4. Langkah terakhir adalah memasang lagu di blog. Pilih atau klik Add to quicklist.
    memasang lagu di blog - quicklist
  5. Jika sudah, scroll ke bagian atas halaman, dan kemudian pilih Create playlist widgets.
    memasang lagu di blog - create widget
  6. Pilih skin yang diinginkan kemudian copy kode yang ada di kotak.
    memasang lagu di blog - skin
  7. Buka blogger, tambahkan gadget HTML/Javascipt dan paste kode tersebut disana. Save dan lihat hasilnya.
Dengan

memasang lagu di blog

bisa membuat blog terlihat hidup dan pengunjung blog betah berlama-lama di blog sobat.

Memasang Lagu Di Blog (SCM Music Player)


  1. Ke situsnya dulu, scmplayer.net. Lngkah-langkahnya sebenarnya cukup mudah, yaitu : Choose Skin > Edit Playlist > Configure Setting.
  2. Pilih skin yang cocok bagi sobat, ada bermacam-macam skin dengan warna yang menarik disana.
  3. Jika sudah, silahkan sobat pilih tab Edit Playlist. Ada 2 pilihan, yang pertama dengan memasukkan url lagu yang akan dipasang secara manual, dan yang kedua adalah dengan memanfaat RSS Podcast seperti playlist youtube (jika sobat memilik akun youtube).
  4. Langkah terakhir adalah pengaturan lagu yang di pasang di blog nantinya. Setting ini mempunyai 2 garis besar yaitu PLAYBACK (Autostart, Shuffle Playback, dan Default Volume) dan APPEREANCE (Placement of Player Bar dan Show Playlist by Default).
  5. Langkah terakhir adalah klik tombol Done dan copy kode yang disediakan. Masuk ke blogger, kemudian tambahkan gadget HTML/Javascript dan pastekan kode  yang didapat sebelumnya.
  6. Save dan lihat hasilnya. Sobat sudah berhasil memasang lagu di blog.
Silahkan sobat mencoba situs-situs penyedia lagu lainnya :) sobat juga bisa menambahkan efek salju dan memasang jam di blog sehingga semakin rame. Selamat mencoba

memasang lagu di blog

dan semoga bermanfaat.

Tags : , , , , .

0 comment | add comment

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir di Blog Gedek. Jika sobat ingin memberikan komentar silahkan isi form kementar di bawah dengan sopan dan jangan spam.

Semua komentar akan dimoderasi dahulu. Mohon maaf jika membalasnya lama, jangan lupa mampir lagi ya :)